Jakarta - Pemungutan suara baru dimulai pukul 08.00 WIB di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 008, tempat Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mencoblos, karena tempat tersebut diguyur hujan.

TPS di Komplek Aneka Tambang (Antam) IV, RT8/RW2, Jakarta Selatan, Kecamatan Kebayoran Rama, Jalan Limo, Kelurahan Glogol Utara masih melakukan persiapan pemungutan suara. Berdasarkan pantauan di lokasi, tampak Nur Iksan, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 008, bersama enam orang anggota KPPS masih menyusun surat suara, mengecek data, dan menyiapkan kotak suara serta bilik suara.

Lokasi TPS tidak terlihat seperti tempat yang istimewa, hanya berupa tenda dengan panjang 15 meter dan lebar 7 meter.

Untuk menyamakan penampilan dan membedakan mereka dengan pengamat dan pemilih yang memberikan suara, semua anggota KPPS mengenakan batik berwarna dominan biru. Dua anggota KPPS perempuan mengenakan jilbab berwarna krem.

Dua orang saksi dan satu orang pengawas TPS di Bawasul juga turut membantu proses persiapan.

Menurut salah seorang anggota TPS 008 Tartila, Surya Paloh, Ketua Umum Partai Nasdem, biasanya memberikan suaranya di TPS ini antara pukul 09.00-10.00 WIB.

Sesuai dengan Keputusan KPU No. 66 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pemungutan dan Pembukaan Pemungutan Suara dalam Pemilihan Umum, jadwal pemungutan suara untuk Pemilihan Umum 2024 (Pileg dan Pilpres 2024), atau TPS, adalah pukul 07.00-13.00 waktu setempat sampai.

Pemilu 2024 akan memilih Presiden, Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 orang.

Delapan belas partai nasional berpartisipasi dalam pemilu 2024, yaitu (sesuai nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Berkarya, dan Partai Gerola Indonesia.

Berikutnya adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Umat. Selain itu, ada enam partai daerah yang ikut serta. Yakni, Partai Nangro Aceh, Partai Generasi Aceh Beusabo Tato dan Takwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Aceh Adil dan Makmur, dan Partai Rakyat Aceh Independen dan Solid.

Untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, ketiga pasangan tersebut adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di posisi pertama, Prabowo Subianto-Jibran Rakabumin Laka di posisi kedua, dan Ganjar Pranowo Mahud Mudo di posisi ketiga.