JAKARTA - Ribuan perempuan dari berbagai organisasi melakukan konsolidasi pemenangan di Banyumas, Jawa Tengah, mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), dan menggelar doa bersama untuk pemilu damai demi perubahan. Siti Mukaloma, wakil ketua bidang perempuan dalam Tim Pemenangan Nasional Agnes-Muhaimin (Timnath AMIN), mengatakan bahwa perempuan dapat mempengaruhi keluarga dan lingkungannya. Jadi, menurutnya, organisasi perempuan dapat menjadi garda terdepan untuk memenangkan AMIN di Banyumas.

"Kalau ada yang bilang pilkada satu putaran, biarlah pasangan Agnes dan Muhaimin yang menang dan menjabat," kata Siti Mukaroma dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Kamis.



Perdamaian untuk Perubahan diperlukan dan ia berharap hal itu akan menjadi salah satu pilar keberhasilan pemilu 2024, bekerja untuk memberdayakan perempuan menuju Indonesia yang lebih baik dan lebih adil bagi semua.

Organisasi perempuan yang berpartisipasi dalam acara ini termasuk Muslimat NU, Fatayat NU, Perempuan Bansa, Aisiya, Al-Ilsiyad, dan Majlis Talim di seluruh provinsi Banyumas. Sementara itu, Gus Yusuf Chudrori, Pengasuh Pondok Pesantren API Tegalejo, Magelang, mengajak para perempuan dan ibu-ibu yang hadir untuk memiliki komitmen yang kuat dalam memenangkan pasangan Anies - Sandi untuk mewujudkan perubahan yang diinginkan. Ia meminta mereka untuk. "Istikomah dalam menghadapi berbagai godaan," kata Gus Yusuf.



Di akhir acara, dengan nama Genggam Perempuan Banyumas, di bawah kepemimpinan Anies-Muhaimin Pere, persatuan perempuan Muslim Banyumas untuk mencapai perubahan Forum Perempuan Islam lintas organisasi diproklamasikan, sebagai perwakilan.

Pada hari Senin, 13 November 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia menominasikan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk berpartisipasi dalam pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2024.



Sebagai hasil dari pengundian, nomor urut peserta Pilpres 2024 ditetapkan pada hari Selasa, 14 November 2023, dengan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai nomor urut 1, Prabowo Subianto-Jibran Rakabumin Laka sebagai nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno sebagai nomor urut 3. Pasangan Ganjar Pranowo-Mahd Mudo.

KPU juga menetapkan masa kampanye dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 dan tanggal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.