JAKARTA - Tempat Pemungutan Suara (TPS) 066 di Cilandak Timur, Jakarta Selatan, menyemarakkan hari pemungutan suara dengan berbusana merah muda untuk mengusung tema Hari Valentine. "Tahun ini temanya Hari Valentine. Jadi kami berpakaian merah muda dan di TPS 066 ini semuanya berwarna merah muda," kata Ketua KPPS Anis, 31 tahun, yang bertugas di TPS 066 di Jakarta, Rabu. Anis bereaksi terhadap dekorasi yang berbeda dari TPS-TPS lain di sekitarnya, menjelaskan bahwa ia dan para anggotanya ingin mengajak orang-orang berpesta dengan cara yang berbeda kali ini karena bertepatan dengan Hari Valentine.



Pakaian mereka terdiri dari kemeja lengan panjang berwarna merah muda, jilbab dan celana panjang hitam. Tujuannya adalah untuk meningkatkan antusiasme dan kepercayaan diri para pemilih saat memberikan suara.

Selain pakaian mereka, semua petugas KPPS di TPS066 mendekorasi ruangan mereka dengan warna merah muda. Sebagai contoh, warna merah muda digunakan untuk spanduk selamat datang di depan pintu masuk dan balon-balon dengan warna yang sama ditempatkan di kedua sisi dinding. Taplak meja di meja pemungutan suara juga berwarna merah muda.

Ennis berharap bahwa upaya timnya akan menghasilkan pemimpin pada pemilu 2024 yang secara konsisten akan menepati setiap janjinya dan setiap kata yang dikomunikasikan kepada publik selama kampanye.

"Saya juga berharap pilihan para pemilih sesuai dengan hati nurani mereka. Saya ingin para kandidat memenuhi janji-janji mereka tentang apa yang akan mereka lakukan jika terpilih," kata Ennis.



Safira, 21 tahun, seorang pemilih yang memberikan suaranya di TPS 066, mengatakan hujan yang turun merata di Jakarta pada pagi hari itu seperti merayakan Hari Valentine dan Pemilu 2024 di hari yang sama.

Dia mengatakan bahwa meskipun hal itu menyebabkan kebocoran dari tenda-tenda TPS, sisi positifnya, para pemilih sangat tertarik untuk datang lebih awal.

"Suasananya sangat bagus! Mendung, hujan, tidak terlalu panas. Beberapa orang bahkan datang pagi-pagi sekali, hujan dan suasana Hari Valentine sangat mendukung pemilu!" Katanya.

Pemilih lainnya, Nia (24), mengaku lebih antusias memilih karena TPS-nya menghadirkan suasana yang menyegarkan dengan memutarkan berbagai lagu-lagu romantis dari musisi ternama seperti Dewa 19.

Suasananya lebih hidup dan romantis.

Menarik sekali melihat panitia yang begitu penuh perhatian dengan baju merah muda, kata Nia.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Faiza (21). Ia mengaku beruntung karena Hari Valentine bertepatan dengan tanggal merah dan ia memiliki kegiatan baru yang bisa dilakukan bersama pasangannya. "Keuntungannya karena ini hari tanggal merah! Jadi, sambil memilih, Anda juga bisa menikmati waktu bersama pasangan di Hari Valentine," katanya.