JAKARTA - Gamis di Pusat Grosir Tana Abang laris manis diserbu pembeli pada hari Sabtu karena libur panjang dan menjelang bulan Ramadhan 1445 Hijriyah. Mufarifan Suryandika, seorang pedagang di toko Dasik di Pasar Tana Abang, mengatakan antara 50 sampai 100 gamis terjual di tokonya di Blok B. "Baik laki-laki maupun perempuan, gamis-gamis itu laku keras, 50 sampai 100 gamis per hari," kata Dika kepada Antara di Jakarta, Sabtu.
Dika mengatakan bahwa terutama menjelang Ramadan, penjualan gamis meningkat lima sampai sepuluh kali lipat dibandingkan hari biasa di luar hari raya. "Biasanya 10, kadang kurang dari 10. Ini karena ini hari libur dan sebentar lagi bulan puasa, kan? Makanya banyak yang datang," kata Dika. Toko Dika di pusat grosir Tana Avan buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.30 WITA. Namun, calon pembeli disarankan untuk datang lebih awal, karena kerumunan turis yang mencari tekstil dan makanan dengan harga grosir semakin banyak seiring berjalannya hari.

Ramadan juga mulai terasa sebagai berkah bagi para pedagang, dengan Dika yang optimis bahwa penjualannya di bulan ini dapat mencapai Rp 20 juta per hari jika pengunjung ramai seperti pada hari Sabtu sore, di mana biasanya mereka dapat meraup Rp 2 juta per hari.

Namun, jelas bahwa keuntungan yang diperoleh akan tergantung pada jenis, bahan dan model pakaian yang dijual. "Sekarang, kalau tidak ada kenaikan harga, penjualannya bisa 20 juta rupiah. Biasanya Rp 2 atau 3 juta, kadang Rp 1 juta," kata Dika.

Katun Shirtinh India adalah bahan yang paling populer untuk pria karena elegan, menarik dan nyaman sepanjang hari, sedangkan model shimmer untuk wanita karena berkilau dan lebih terjangkau daripada organza.

Umumnya, menjelang Ramadan, calon pembeli wanita juga beralih ke blus yang menutupi hingga paha karena lebih ramah hijab.

Seperti yang diakui oleh pedagang Toko Aisha, Shirley, kisaran panjang blus yang ramah hijab adalah 75-80 cm untuk atasan dan 90 cm untuk tunik.

Sementara itu, harga eceran untuk pakaian Muslim pria dan wanita di Tanaaban berkisar antara Rp 105.000 hingga Rp 495.000. Ada diskon untuk pembelian grosir.