JAKARTA - Menurut seorang pengelola toko, mayoritas pembeli tidak lagi mencari busana muslim untuk Lebaran 2024, melainkan untuk pakaian sehari-hari dan liburan. Hery Supriyatna, pengelola Blok A Pasar Tanah Abang di Jakarta, Kamis, mengatakan, "Lebih banyak pakaian sehari-hari yang lebih praktis untuk dipakai pasca-Lebaran, seperti denim, kaos, dan kemeja." Menurut Hery, para wisatawan umumnya mencari pakaian muslim dan perlengkapan ibadah di awal bulan.

Dia mengatakan bahwa jika seseorang mencari pakaian Muslim pada saat ini, pakaian tersebut akan lebih kasual dan dapat dikenakan di luar Lebaran.

"Coco busana Muslim masih dicari tapi lebih kasual. Bisa dipakai setelah lebaran ke kantor atau dipakai saat lebaran untuk bersilaturahmi," katanya. Hal ini juga dirasakan oleh beberapa pengunjung, termasuk Asi (59) dari Petambulan, Jakarta Pusat. Ia sedang mencari gamis bermotif di sebuah toko busana muslim. Gamis tersebut, katanya, bukan untuk dipakai pada hari Lebaran, melainkan untuk keseharian. "Saya biasanya tidak memakai seragam dengan suami saat Lebaran. Ini (gamis) untuk sehari-hari dan bahannya viscose (serat)," katanya. Hal yang sama juga dikatakan oleh Nenen dari Jakarta Timur. Ia mengaku telah mencari jilbab dengan logo huruf tertentu di Blok A untuk dipakai di luar masa Lebaran.

Menurutnya, harga barang-barang di pasar ini lebih murah sekitar Rp 10.000-15.000 dibandingkan dengan pasar lainnya.

Nenene juga lebih suka berbelanja di hari kerja daripada akhir pekan, terutama menjelang Lebaran, karena biasanya lebih ramai.

"Saya masih dapat Rp45.000. Setelah ini, saya akan langsung ke kantor. Untuk mencari jilbab," katanya.

Sementara itu, gedung pasar Blok A Thana Abang akan ditutup selama sekitar dua minggu mulai 10 April 2024 dan dibuka kembali pada 22 April 2024.