Deri Serdang - Atlet Jiu Jitsu Jawa Timur Irma Yeni Megawati mengatakan bahwa ia berhasil meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 berkat peran dan impian almarhum Taufi Krahman, mantan ketua umum Pengurus Besar Jiu Jitsu Indonesia (PBJI) Jawa Timur. "Peran almarhum sangat besar dan saya merasa berhutang budi kepada beliau. Karena sebelum beliau meninggal, saya belum memberikan apa yang beliau inginkan. Dan ini adalah cita-cita beliau, dan saya berharap beliau husnul khotimah,” ujar Yeni di Deri Serdang, Kamis.

Yeni mewujudkan impian almarhum Taufiklaman dengan mengalahkan Simone Julia dari DKI Jakarta pada final Jiu-Jitsu PON 2024 kelas -62kg putri Newaza.

Ia mengenang Taufiklahman sebagai sosok yang baik, peduli dan senang membina para atletnya.

Menurutnya, atlet sering kali berada di urutan terbawah dan tidak didengarkan oleh pengurus dan pelatih ketika menghadapi kendala. Namun, Taufiklerman adalah contoh yang baik dalam hal ini, karena ia mendengarkan dan berusaha membantu.

“Dia benar-benar membiarkan kami membangun apa yang kami inginkan. Dan kami membuktikan bahwa tempat ini lebih baik dari sebelumnya. Almarhum memiliki peran yang besar,” katanya, dengan sedikit berlinang air mata.



Di final, Yenni, seorang perempuan Muslim, mengakui bahwa ia kuat karena pertolongan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

“Ini juga karena harapan semua orang yang mendukung saya. Orang tua saya, keluarga saya, masyarakat Jawa Timur, Jiu Jitsu Jawa Timur dan KONI Jawa Timur.

“Saya bangga bisa menyumbangkan medali emas bagi Jawa Timur dengan melawan Simone, petarung senior Peratonas.

“Sebenarnya, saya memiliki perasaan yang besar terhadapnya. Ia adalah anggota senior Peratnath. Kakak perempuan yang dulu berlatih bersama saya. Ia mengajarkan saya banyak hal,” katanya.

Yeni mengungkapkan bahwa jiu-jitsu mengalir dalam darahnya, yang membuatnya bertekad untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, meskipun ia gagal meraih medali di SEA Games dan ASEAN Games.

Pada cabang olahraga Jiu-Jitsu PON 2024 kategori Newaza 62 kg putri, Desyana Jemina Maharani dan Igusa Agistha Wibi Ramadanti dari Jawa Barat berhasil meraih medali perunggu.