KUALA LUMPUR - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru mengundang usaha kecil dan menengah (UMKM) dari berbagai negara bagian dan pelaku usaha kuliner Indonesia untuk berpartisipasi dalam Majestic Johor Festival (MJF) 2024. Pelaksana Fungsi Ekonomi KJRI Johor Bahru, M Rizali Noor yang dihubungi dari Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu, mengatakan KJRI Johor Bahru berpartisipasi dalam pameran tahunan terbesar di Johor Bahru yang berlangsung 28 Agustus-1 September 2024. KJRI Johor Bahru mengundang Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kepri, Produk Unggulan Batam, Kadin Dumai dan Modest Fashion Bandung untuk ikut serta dalam pameran kerajinan tangan, pakaian hasil produksi UMKM Kepri. Selain itu, juga akan ada produk hijab dan makanan ringan yang akan dipamerkan dalam pameran tersebut. Rizali mengatakan bahwa di sela-sela pameran, UMKM dibawa berkeliling oleh KJRI Johor Bahru untuk bertemu dengan para pemilik toko produk Indonesia di Johor. Dari hasil riset pasar tersebut, mereka dapat mengetahui jenis-jenis produk yang dapat dijual di pasar Malaysia. Hal ini sangat penting untuk diketahui oleh UMKM agar dapat menyiapkan produk yang memenuhi standar dan kualitas internasional. Selain itu, KJRI Johor Bahru juga menyampaikan bahwa bisnis antara UMKM dengan asosiasi pengusaha Johor Bahru, yaitu Persatuan Usahawan Johor (PUJB) dan Persatuan Usahawan Nusantara Johor (PUNJ) Dia menyatakan bahwa pertemuan tersebut juga memfasilitasi business matching.
Pertemuan ini memberikan kesempatan kepada UMKM untuk mempromosikan produk unggulan mereka dan mendapatkan mitra bisnis yang dapat mendistribusikan produk unggulan mereka di Malaysia. Pada kesempatan yang sama, KJRI juga mengundang Pelita Mice Organiser untuk menampilkan seni budaya Indonesia di MJF2024, yaitu delapan tarian tradisional Indonesia dan empat lagu.

Sejumlah organisasi masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI Johor Baru, yaitu Persatuan Minang Negeri Johor, Persatuan Masyarakat NTB, Persatuan Naposo Batak Se-. Malaysia (PNBM) juga diundang untuk berpartisipasi dalam karnaval pada acara penutupan MJF.