JAKARTA - Dr Cynthia Lawrence, M.Biomed, dokter spesialis anti-aging medicine (AAM) transplantasi rambut di Jakarta, menjelaskan bahwa ada banyak keuntungan bagi pasien yang menjalani transplantasi rambut di Indonesia. "Biaya transplantasi rambut di Indonesia sudah mencakup banyak layanan penting, seperti perawatan setelah transplantasi, yang sering kali harus dibayar terpisah di luar negeri," kata Cynthia dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat. Cynthia mengatakan dalam beberapa tahun terakhir, transplantasi rambut kembali menjadi solusi populer bagi banyak orang yang mengalami masalah kebotakan dan ingin tampil lebih percaya diri.



Sayangnya, kebanyakan orang memilih untuk menjalani prosedur ini di Turki, yang dianggap sebagai pencipta tren pertama untuk transplantasi rambut. Harga di Turki sangat kompetitif, tetapi harga di Turki lebih ekonomis tanpa mengorbankan kualitas layanan. Keuntungan dari program transplantasi rambut di Turki, selain harga yang lebih murah, adalah lebih mudah diakses. Hal ini karena pasien tidak perlu mengurus visa, tiket pesawat, dan akomodasi, yang biasanya mahal dan memakan waktu.

"Pasien dapat datang langsung dan berkonsultasi langsung dengan dokter bedah sebelum prosedur transplantasi rambut. Selain itu, manajemen pasca prosedur juga lebih mudah karena tidak perlu terbang kembali ke luar negeri," katanya. Cynthia menekankan bahwa klinik transplantasi rambut di Indonesia seperti miliknya menggunakan teknik transplantasi rambut yang setara dengan ekstraksi unit folikel atau transplantasi rambut langsung, yang berstandar internasional sehingga pasien bisa mendapatkan perawatan berkualitas tinggi tanpa harus pergi ke luar negeri.

Dari segi komunikasi, penjelasan dokter mengenai prosedur mudah dimengerti oleh pasien dan kebutuhan serta keluhan pasien dikomunikasikan dengan baik.

Keuntungan lain dari menjalani transplantasi rambut di Indonesia adalah kemudahan dalam menerima perawatan pasca prosedur.

"Ada klinik yang menawarkan program lengkap termasuk akomodasi, perawatan, dan perawatan setelah prosedur. Hal ini membantu pasien dalam proses persiapan dan pemulihan untuk mendapatkan hasil yang optimal," kata Cynthia.