Banda Aceh - Masjid Raya Baitu Rahman Banda Aceh yang merupakan ikon daerah terus dikunjungi wisatawan mancanegara dari berbagai negara dalam rangka Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 Aceh-Sumatera Utara. Kepala UPTD Pengelola Masjid Raya Baitu Rahman, Mukhtar, di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan bahwa setiap hari wisatawan mancanegara berkunjung ke masjid tersebut. Ia mengakui bahwa UPTD Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh tidak secara khusus mencatat dan menyimpan data kunjungan wisatawan mancanegara. Namun, ada sebuah grup WA (WhatsApp) yang melaporkan setiap kunjungan wisatawan asing. Pelapornya adalah petugas di pintu masuk tempat penitipan sandal,” katanya.

Masjid Raya Baitur Rahman di Banda Aceh memiliki enam pintu masuk, salah satunya berada di lantai basement.

“Jadi, petugas yang melapor di Grup WA, ini wisatawan yang mau berkunjung. Untuk non-Muslim, kami sediakan pakaian khusus dan melarang mereka masuk ke dalam masjid,” katanya.

Namun, mereka diizinkan untuk berjalan-jalan di sekitar masjid dan di halaman, termasuk menikmati pemandangan dari atas menara, dan tersedia pemandu jika mereka menginginkannya.

“Satu-satunya orang non-Muslim, editor yang tidak diizinkan masuk adalah di dalam masjid. Kami menyediakan pakaian (penutup aurat) yang dipersiapkan dengan baik untuk non-Muslim. Kami membutuhkan pemandu dan kami diinstruksikan dan diberi pengarahan,” kata Mukhtar. Dengan adanya Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara pada tahun 2024, masjid yang dibangun pada tahun 1612 atau 1022 di bawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda dari Aceh Darussalam ini juga semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara. "Masjid ini juga semakin ramai dikunjungi wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara. "Ramai selama PON ini (Pengunjung, red.) dan ada juga turis asing, sekitar lima orang sehari. Mereka bervariasi dari Jerman, dari Afrika, dari Arab, dan kemudian dari Asia - Cina, Jepang dan Malaysia. Saya dapat mengatakan bahwa kami memiliki turis dari Malaysia setiap hari,” kata Mukhtar. Sementara itu, Antara juga berkesempatan bertemu dengan pasangan turis asing, Paul Swampillai dan Kim Godbold, yang sedang menikmati keindahan Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh.