JAKARTA - Presiden kelima Indonesia, Megawati Sokarnoputri, tak kuasa menahan haru saat berziarah ke makam Imam Besar al-Bukhari di desa Khartan, Samarkand, Uzbekistan.

Imam al-Bukhari adalah perawi hadis Nabi Muhammad yang paling banyak dan paling otentik.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat malam, Megawati yang berziarah dengan mengenakan baju merah dan selendang putih, meneteskan air mata di depan makam Imam Besar al-Bukhari. Awalnya, Megawati dan rombongan berziarah ke makam Imam Besar al-Bukhari di Samarkand Viloyati, Uzbekistan, pada Jumat siang waktu setempat.

Doa dan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran dilakukan di makam Imam al-Bukhari.

Dalam perjalanan menuju makam Imam al-Bukhari, Wakil Gubernur Samarkand Rustam Kobilov juga terlihat menunggu Megawati.



Megawati didampingi oleh Dehkonboy Elmamat, Ketua Masjid Al-Bukhari, Makhsud Hoshimov, penerjemah, dan Mahmudjon Ivodullaev, Imam Emeritus Masjid Imam Al-Bukhari. Suasana khusyuk terlihat di ruang makam Imam Bukhari. Megawati tampak menengadahkan tangan saat Ivodullaev membacakan doa.

Megawati tampak khusyuk saat melanjutkan doanya di depan makam Imam al-Bukhari, sementara Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri Ahmad Basara dan Guru Besar Hubungan Internasional Universitas St Petersburg, Connie Lahakundini Bakri, turut mendampingi Megawati di belakangnya.

Selama sekitar 10 menit, putri Presiden Boon Karno ini berdoa dengan menengadahkan kedua tangannya.



Ketika hendak menyelesaikan doanya, Megawati tak kuasa menahan haru hingga menangis di depan makam Imam Besar al-Bukhari. Matanya memerah dan pipinya basah oleh air mata. Ia juga terlihat menyeka hidungnya dengan tisu.

Setelah serangkaian doa di makam Imam al-Bukhari, Megawati dan rombongan meninggalkan lokasi kompleks makam.

Megawati juga sempat menyerahkan cinderamata kepada direktur kompleks makam Imam Bukhari, Maqsud Hoji, dan perwakilan tim pengelola. Sesi foto bersama ini sekaligus menutup rangkaian ziarah Megawati ke makam Imam Bukhari.

Megawati didampingi oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintan Puspayoga dan Profesor Connie Lahakundini Bakri, Fakultas Hubungan Internasional, Universitas St Petersburg. Turut mendampingi Megawati adalah Ahmad Basara, Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP; Lokmin Dahri Ismail, Ketua Bidang Kelautan dan Perikanan DPP PDIP; Amarulla Octavian, Wakil Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN); Rima Agristina, Wakil Kepala BPIP; anggota DPR RI terpilih Anggota DPR RI terpilih adalah Samuel Wattimena.